Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Formasi pendakian

Formasi pendakian adalah suatu teknik untuk menyusun regu pendaki gunung berdasarkan pengetahuan, keterampilan dan tugas pendaki. Bentuk formasi pendakian biasanya berupa barisan satu garis lurus yang terdiri dari navigator, leader, follower, logistik, chef hingga sweeper. Setiap pendaki yang mendapatkan tugas di formasi pendakian wajib memiliki pengetahuan dan pengalaman khusus. Hal ini dikarenakan tugas dan tanggung jawab setiap posisi menentukan kenyamanan dan keamanan regu pendakian.


*1. Navigator*

Posisi paling depan karena bertugas melihat dan mengecek jalur. Tanggung jawab paling berat karena mengarahkan secara langsung semua yang ada dibelakang mengikuti jejak sang Navigator dan ketika salah semuanya terbawa.

*2. Leader*

Dalam team pendakian bisa dibilang macan nya dalam segala hal. Mengatur dan menentukan semuanya, bisa dibilang orang yang paling mengerti tentang pendakian.

*3.Follower*

Biasanya orang baru dalam pendakian jadi doi hanya mengikut saja apapun yang teamnya lakukan karena baru tidak tahu medan dan pengetahuan perihal dunia pendakian, posisi bebas dimana saja namun harus didepan Sweeper.

*4. Logistik*

Peran ini sangatlah fital, tugas seorang Logistik cukuplah berat karena berkaitan dengan makanan biasanya bawa tas gunung paling besar, selama pendakian biasanya berkoordinasi dengan Chef kebutuhan apa saja yang diperlukan.

*5. Chef*

Orang yang handal dalam mengenakan masakannya. Kebanyakan dari tugas ini orang yang penyayang teman-temannya, disaat yang lain asik berfoto, tiduran, doi bekerja menyiapkan makanan untuk para teamnya. 

*6.Sweeper*

Tugas utama seorang Sweeper adalah memastikan bahwa tidak ada team/teman nya yang tertinggal mangkanya doi posisi paling belakang dan jika ada anggota yang kenapa-kenapa siap untuk memberikan informasi kepada Leader. Memastikan semua dalam keadaan baik dari segi anggota pendakian, barang bawaan dll.

Itulah tadi gambaran tugas masing-masing dalam kelompok pendakian. Itu juga Cuma gambaran kami juga siih, hehe. Yang paling penting harus kompak dalam satu kelompok. Dan biasanya kamu kebagian tugas mana dalam pendakian?

Sispala
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar