Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

15 Puncak Gunung Salak

15 Puncak Gunung Salak 
1. Puncak Manik Salak 1 , 2211 mdpl
2. Puncak Prabu Salak 2 , 2180 mdpl 
3. Puncak Salak 3 , 2086 mdpl
4. Puncak Salak 4 , 2028 mdpl
5. Puncak Salak 5 , 1911 mdpl
6. Puncak Salak 6 , (Mossa) , 1799 mdpl
7. Puncak Salak 7 ,1917 mdpl
8. Puncak salak impessa, 2050 mdpl 
9. Puncak Benteng Merah 2015 mdpl
10. Puncak Benteng Hejo , 2005 mdpl
11. Puncak Ratu Gn Sumbul , 1926 mdpl 
12. Puncak keramat Salak 12 ,1550 mdpl
13. Lembah Sukhoi (salak 13) 1626 mdpl
14. Puncak salak 14 , 1131 mdpl
15. Puncak Salak 15 , 1546 mdpl
Puncak Gunung Salak ada 15 Puncak yang sudah kami pasang plang nya , dan tidak ada puncak salak 16 sesudah puncak salak 15
Ini saya bukan copas dari mana mana tapi ya memang ada disana plang-plang nya
Gunung salak mempunyai 15 Puncak dan mempunyai lebih 70 jalur untuk menuju ke Puncak nya , berikut keterangannya :
Tiket masuk ke Puncak salak 1 via cimelati
Tektok : 15.000
Camp : 35.000
Parkir : Mobil : 50.000 , Motor 20.000
Tiket Masuk ke Puncak salak 2 via ajisaka : 
25.000
Jalur pendakian ke gunung  salak : 
1. Cidahu
2. Pasir reungit
3. Cimelati 
4. Ajisaka
5. Curug Nangka
6. Kalimati
7. Giri jaya
8. Gunung Malang
9. Gunung Menir
10. Cijeruk
11. Tenjolaya
12. Curug luhur
13. Curug pangeran
14. Curug seribu
15. Curug ciparay
16. Gunung Bunder
17. Sukamantri
18. Loji
19. Arca domas
20. Curug ciputri
21. Citiis
22. Curug lalay / Buper jayasalakku
23. Bukit alesano
24. Pasir luhur
25. Parakan salak
26. Cipelang
27. Cilobak
28. Sungai ciapus
Jalur Pendakian Puncak  Salak 1 , 3 , 4 , 5 , 6 , dan Puncak Salak impessa , Puncak salak 14, Lembah Sukhoi
* Jalur Cidahu (Sukabumi)
* Jalur Giri Jaya (Curug Pilung)
* Jalur Cimelati
* Jalur Pasir Reungit
* Sukamantri
* Citiis
Jalur Pendakian Puncak Fajar Kencana , Puncak Salak 2 , Puncak Benteng Salak merah dan Puncak Benteng Salak Hijau, Puncak Salak 12
* Curug Nangka 
* Jalur ajisaka / pasir kaca 
* sadel dari puncak salak 2 ke puncak salak 1
* Cilobak 
Jalur Pendakian puncak sumbul , puncak salak 15 
* Pasir reungit
* Cidahu
* Turun dari Puncak salak 2
Ada beberapa pintu masuk ke Puncak Salak  2 :
*Track Kampung Salaka 
*Track Curug Nangka 
*Track Curug Salapan atau Leuwi Lalay
*Track Jalur Karuhun /Arca Domas /Cibalay
* Track kalimati
* Track Curug ciputri
Berikut keterangan masing2 Puncak Salak , Dari Puncak manik salak 1 sampai Puncak salak 14
1. Puncak Salak 1 , 2211 mdpl 
Inilah Puncak tertinggi di Gunung Salak, di Puncak ini terdapat papan plang warna hitam bertuliskan Puncak Manik Salak 1 2211 mdpl. Tempat ini merupakan tempat yang luas dan terdapat sebuah bangunan dan adanya petilasan yang di sebut orang sebagai kuburan mbah Salak, walaupun sebenarnya kuburan mbah salak bukan berada di puncak salak. Dari puncak salak 1 terdapat beberapa jalur turun yaitu melalui cimelati , kemudian melalui cidahu , melalui giri jaya dan satu lagi turun melalui Puncak salak 3 dan salak 4 dengan melewati belakang petilasan atau kuburan mbah Salak.
2 . Puncak Salak 2 , 2180 mdpl
Setelah Puncak Bayangan Salak 2 melalui Curug nangka atau jalur ajisaka maka sekitar 10 menit kita akan tiba di Puncak Salak 2 , area ini agak tertutup dengan beberapa pohon dan terdapat Papan bertuliskan Puncak salak 2 pada sebatang pohon, di tempat ini kita bisa mendirikan tenda atau Bivak untuk camp dan dari puncak salak 2 ada jalur turun untuk menuju ke puncak Sumbul namun  jarang orang yang melewati nya. Sedangkan untuk sadel ke Puncak salak 1 maka kita harus turun dulu ke puncak bayangan salak 2 nya. Atau melalui paralon tiga utk sadel
3. Puncak Salak 3 , 2086 mdpl 
Setelah turun dari puncak salak 1 melewati belakang petilasan maka setelah sekitar setengah jam lebih kita akan sampai di Puncak Salak 3 puncak ini tidak begitu luas dan masih tertutup dengan pepohonan dan di tandai dengan adanya plang puncak salak 3 yang di tempel pada sebatang pohon. Tempat ini cukup untuk beberapa orang untuk beristirahat, sholat atau memasak, namun tidak terlalu luas.
4. Puncak Salak 4 , 2028 mdpl 
Tempat ini merupakan sebuah puncak lagi yang cukup luas untuk 2 tenda , di puncak ini  terdapat tanda plang puncak salak 4 ,ini bisa di katakan sebagai puncak 4 karena berada di bawah puncak salak 3 dan jika turun akan menuju ke puncak salak 5.
5. Puncak Salak 5 , 1911 mdpl 
Di tempat ini akan di temui sebuah bangunan setengah jadi dari semen dan di tandai dengan plang puncak salak 5 yang di tempel pada sebuah pohon. Dari puncak ini turun dan berdekatan dengan puncak Salak 6 atau puncak Salak mossa dan bisa juga turun ke bukit alesano melalui belakang bangunan setengah jadi dari semen 
6. puncak salak Mossa ( Puncak Salak 6) , 1799 mdpl 
Puncak salak 6 biasa disebut dengan Puncak Mossa.Puncak ini infonya biasa dijadikan pendidikan bagi Mapala dan biasa di gunakan untuk diklatsar ,, dan di puncak ini juga di temui semacam plakat dari semen di bawah tanah dekat pohon yang di tempel plang puncak salak mossa.plakat ini adalah untuk mengenang meninggalnya anak STM pembangunan di gunung salak pada tahun 1980 an. Maka itu plakat ini disebut Tugu Tepepa.
7 . Puncak Fajar Kencana ( Puncak Salak 7 ) , 1917 mdpl 
Sebelum mencapai ke Puncak Salak 2 jika melalui jalur ajisaka atau pasir kaca maka kita akan tiba di Puncak Fajar kencana dari puncak ini kita juga dapat melihat area terbuka dan kalau cuaca cerah bisa terlihat kawah ratu serta terdapat plang nama puncak Fajar Kencana yang di pasang pada sebatang pohon. Jika pagi hari maka disini bisa melihat matahari terbit, maka itu puncak ini dinamakan fajar kencana.
Setelah Puncak Fajar kencana maka kita akan melewati 3 Tanjakan yang terdapat tali webbing di masing masing tanjakan untuk membantu kita berpegangan menaiki tanjakan tanjakan tersebut.
- Tanjakan Jurig
- Tanjakan wayahna
- Tanjakan sabar
- Goa Batu Lawang
- Puncak Bayangan Puncak Salak 2 
Dari Puncak Bayangan ini baru kita bisa melihat area terbuka dan melihat sunrise serta sudah dekat menuju ke Puncak salak 2 , di tempat ini view pemandangan nya di tempat ini bagus untuk berfoto jika sunrise di pagi hari.
8. Puncak Salak impessa , 2050 mdpl 
Setelah berjalan turun dari puncak salak 3 maka kita akan sampai di puncak salak impessa yang info nya nama puncak tersebut di ambil dari nama seseorang yang menemukan dan menamai puncak tersebut. Setelah turun dan melewati sebuah tanda tugu HM belok ke kanan dan mengambil jalan menanjak maka akan tiba di sebuah tempat yg cukup luas dan terbuka yang bisa di katakan sebagai puncak salak juga.
9. Puncak Benteng Merah , 2015 mdpl
Pada saat melewati jalur sadel dari puncak salak 2 ke puncak salak 1 maka kita akan melewati 2 puncak yaitu puncak Benteng salak hejo dan Puncak Benteng salak merah yang berdekatan jaraknya . Kedua puncak ini berada di ketinggian 2000 mdpl. Setelah melewati Puncak benteng maka di sebelah kanan akan terlihat tebing gunung salak 1 yang di tabrak oleh pesawat sukhoi pada tahun 2012 , Pada tebing ini nampak gundul dan tidak tumbuh pohon atau tumbuhan lagi sehingga masih terlihat bekas tebing yang di tabrak pesawat sukhoi tersebut. 
10. Puncak Benteng Hejo , 2005 mdpl
Puncak ini berdekatan dengan puncak benteng salak merah hanya lebih rendah dari puncak benteng merah, letaknya dan tidak begitu jauh , namun di tempat ini masih rapat dengan semak belukar  dan untuk beristirahat agak kurang lega tempatnya. Di tempat ini bisa di temui kantung semar baik yang berwarna hijau ataupun yang berwarna merah. Setelah Puncak benteng Hejo barulah kita melewati Lawang Halimun yaktu jurang yang berada di sebelah kiri kita.Setelah menaiki tanjakan setinggi 90 derajat maka sampailah kita di Puncak Salak 1 yaitu puncak tertinggi di Gunung Salak.
11. Puncak Sumbul, 1926 mdpl
Puncak sumbul biasa disebut si bungsu dari Puncak Gunung Salak. puncak sumbul bisa di lewati melalui beberapa jalur yaitu : turun dari puncak salak 2 atau naik dari batas kawah dan sungai di pasir reungit, naik dari situ hyang dan yang sudah coba kami lakukan adalah dengan naik melalui batas hutan sumbul dekat kawah mati gunung salak dan juga turun dari Puncak salak 2. Jalur naik melewati kawah mati adalah jalur terjal yang memerlukan tali webbing untuk bantuan menaikinya. Di jalur ini juga terdapat banyak jurang, rawa rawa, goa bawah tanah dan juga tebing yang sering longsor akibat kondisi tanah yang agak labil jika di injak.
- Pasir reungit / Curug pangeran
- Batas air sebelum kawah 1
- kawah 1
- Batas kawah dan Hutan sumbul 
- Lintas sungai 1 
- Rawa kasur
- Melipir sungai 2 
- Titian sumbul 
- Tanjakan oyag
- Jurang kematian
- Devil Trek
- Goa bawah tanah 
- Puncak sumbul 1926 mdpl
12. Puncak Keramat Salak 12 , 1550 mdpl
Ini adalah sebuah Puncak yang terdapat makam keramat di Puncak nya dan terdapat sebuah lubang atau tempat dan sarang macan kumbang. Untuk mencapai ke puncak ini akan melewati 5 makam keramat di gunung salak. 
13. Lembah Sukhoi (salak 13)
Ini adalah sebuah lembah di aliran sungai ciapus dan tempat puing2 pesawat sukhoi yang berserakan ketika terjadi tragedi pesawat sukhoi menabrak dinding tebing gunung salak pada tanggal 9 mei 2012. Dan untuk mencapai ke tempat ini di anjurkan untuk membawa tali caramantel dan webbing serta peralatan panjat tebing. Dan juga di sarankan untuk memakai drybag utk menyimpan pakaian dan peralatan kita.karena harus menyelam di beberapa curug yg dalam dan menaiki beberapa air terjun.
14. Puncak Salak 14 , 1131 mdpl
Ini adalah Puncak salak yang ketinggian nya paling rendah di banding puncak salak yang lain, dan terdapat tulisan puncak 14 di atas sebuah batu di atas puncak nya, kemudian juga terdapat plang puncak 14 , 1131 mdpl di tempel pada sebatang pohon
15. Puncak salak 15 , 
Jalur menuju ke puncak salak 15 bisa melalui pasir reungit gunung bunder TNGHS , berdampingan dengan jalur ke puncak pasir datar dan puncak pasir tulang 
sumber mata air di gunung salak : 
- via cimelati di pos 3 
- via cidahu di simpang bajuri
- via pasir reungit sepanjang jalan sebelum kawah mati 
- via ajisaka di petilasan situs pasir kaca (makam keramat waliullah Hyang Prabu wijaya kusuma)
- via giri jaya atau tenjolaya di makam eyang santri , 
- kalau hujan di Gunung salak air berlimpah di puncak salak 1 bisa ambil di bak penampungan di bangunan dekat petilasan
Basecamp Jalur Pendakian menuju ke beberapa Puncak Gunung salak 
1. Jalur Cidahu Salak 1
0266 621256 / 085795871205
2. Jalur pasir reungit Salak 1
Idris 085770538253 
kang kabayan 081295398333
3. Jalur cimelati salak 1
Abah : 085216672898
Aceng : 083819510277
4. Jalur Ajisaka salak 2 , salak 7 , Puncak Benteng salak merah, Puncak benteng salak hijau : 085781048937
5. Jalur Curug Nangka salak 2
Pak Mamat : 0816760906
6. Jalur Kalimati salak 2
Wawan/Pak Sai :  081511351211
7. Jalur Tenjolaya cidadap salak 1
Warung ibu yeni 081350671574
8. Jalur Giri jaya salak 1
085846617202
9. Jalur cijeruk Salak mossa/salak 6, salak 5 , salak 4 , salak 3 , salak impessa
Mang Ali 082123001418
10. Puncak Keramat salak 12 , Pak Sain 
(Belum punya Hp)
11. Puncak Salak 14 , kontak saya 
12. Puncak salak 15 , kontak saya 
Akses masuk 15 Puncak Gunung Salak 
1. Puncak Manik Salak 1 , 2211 mdpl
Pintu masuk : Cidahu, pasir reungit, cimelati, giri jaya, tenjolaya, gunung menir , sadel dari puncak salak 2
2. Puncak Salak 2 , 2180 mdpl 
Pintu masuk : kampung salaka, kalimati, curug nangka, arca domas, gunung malang, ciputri
3. Puncak Salak 3 , 2086 mdpl
Pintu masuk : cijeruk , bukit alesano, loji suaka elang,  turun dari puncak salak 1
4. Puncak Salak 4 , 2028 mdpl
Pintu masuk : cijeruk, bukit alesano, loji suaka elang, turun dari puncak salak 1 
5. Puncak Salak 5 , 1911 mdpl
Pintu masuk : cijeruk, bukit alesano, loji suaka elang, turun dari puncak salak 1
6. Puncak Salak 6 , (Mossa) , 1799 mdpl
Pintu masuk : cijeruk, bukit alesano, loji suaka elang, turun dari puncak salak 1, naik dari puncak salak 14
7. Puncak Salak 7 Fajar kencana,1917 mdpl
Pintu masuk : kampung salaka , curug nangka, kalimati
8. Puncak impessa , 2050 mdpl
Pintu masuk : cijeruk, bukit alesano, loji suaka elang, turun dari puncak salak 1
9. Puncak Benteng Merah 2015 mdpl
Pintu masuk : sadel dari puncak salak 2 ke puncak salak 1
10. Puncak Benteng Hejo , 2005 mdpl 
Pintu masuk : sadel dari puncak salak 2 ke puncak salak 1
11. Puncak Sumbul , 1926 mdpl 
Pintu masuk : kawah mati pasir reungit, naik dari puncak salak 2
12. Puncak Salak 12 , 1550 mdpl
Pintu masuk : cilobak 
13. Lembah Sukhoi (salak 13) 1626 mdpl
Pintu masuk : sukamantri, sungai ciapus
14. Puncak salak 14 , 1131 mdpl
Pintu masuk : sukamantri, sungai ciapus, turun dari puncak salak 6
15. Puncak Salak 15 , 1546 mdpl
Pintu masuk : pasir reungit
Sispala
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar